Menghasilkan dollar dengan survey

Wednesday 26 August 2009

Pompa

Pernahkan anda melihat Pompa?Di setiap rumah-rumah yang memiliki tangki air pasti memiliki pompa untuk menyalurkan air ke dalam tangki sebagai tempat penyimpanan air yang sewaktu-waktu digunakan dalam kehidupan rumah tangga. Seperti mencuci piring, baju, untuk minum, mandi, dan lain sebagainya. Lalu, bagaimana pompa itu bekerja sehingga bisa menyalurkan air ke dalam tangki air. mudah saja, tahu sedotan yang biasanya buat minum air berkemas seperti aqua gelas dan teh botol? ketika anda sedot air yang ada di botol dengan sedotan, maka air yang ada di dalam gelas tersebut terangkat secara terus-menerus dan akhirnya masuk ke dalam mulut anda.segerrr!!!

Begitulah prinsip pompa yang sama dengan sedotan. dari ilustrasi di atas, bisa disimpulkan kalau air bisa terangkat melalui sedotan membutuhkan kerja. kerjs itu diberikan oleh mulut anda untuk menghisap air tersebut. kerja yang diberikan tersebut dikenal dengan energi kinetik. ketika air tersebut terangkat, maka timbul energi dari dalam air tersebut dikarenakan pertambahan ketinggian yang dialami air tersebut, yang dikenal dengan energi potensial elevasi. dengan mengibaratkan pompa adalah mulut, sedotan adalah pipa, dan teh botol adalah sumber mata air yang ada di dalam tanah, maka prinsip kerja pompa adalah mengubah energi kinetik pompa menjadi energi potensial elevasi air. dengan melihat prinsip kerja pompa ini maka dapat dikatakan bahwa pompa merupakan salah satu mesin konversi energi (MKE). dengan demikian, Mesin konversi Energi (selanjutnya disingkat MKE) adalah suatu mesin yang berfungsi mengubah energi yang satu menjadi energi yang lain yang termanfaatkan. MKE yang lain diantaranya turbin, evaporator,kondensor dan motor bakar,bolier,kompressor.

Perlu diingat kembali bahwa MKE ini selalu mengikuti hukuk termodinakia pertama mengenai hukum kekekalan energi dimana energi tidak bisa diciptakan maupun dimusnahkan tetapi dapat dibuah bentuknya menjadi energi lain.


Untuk lebih lengkapnya silahkan download disini

No comments:

yasir master's Online