Menghasilkan dollar dengan survey

Monday 10 August 2009

Road To Sempuh....

Pulau Sempuh adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah selatan Pulau Jawa. Pulau ini berada dalam wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur. Saat ini Sempu merupakan kawasan cagar alamyang dilindungi oleh pemerintah. Dalam pulau ini nyaris tidak ditemukan mata air payau.

Untuk dapat tiba di Pulau Sempu, dapat ditempuh dari Malang melalui Pantai Sendang Biru, dan penyeberangan menggunakan perahu nelayan, serta mendapat perijinan.

Untuk rute perjalanan dari Malang, khususnya dari dinoyo, bisa naik angkot GL menuju terminal Gadang. setelah itu,dilanjutkan dengan bis sedang..jangan lupa bilang sama kondekturnya anda mau pergi ke sendang biru...nanti anda diturunkan di pertigaan. Sampai pertigaan, nanti ada mini bus atau jenis angkutan lainnya yang ke arah sendang biru. nanti mini bus tersebut akan mengantarkan anda sampai tujuan yaitu sendang biru atau gak carter angkot GL tadi sampai sendang biru juga bisa..asal negonya oke..saya kemarin memilih carter dengan pertimbangan lebih menghemat waktu dan tenaga..dan cuma menghabiskan biaya 150 ribu... Lama perjalanan kira-kira memakan waktu 4 jam...pegel juga...

Kebutuhan yang wajib dipersiapin adalah air. bawa sebanyak-banyaknya air, karena di pulau sempuh gak ada mata air. kemarin saya dengan rombongan membawa 2 dus aqua gelas plus 2 botol aqua 1,5 liter tiap anaknya. itu pun masih kurang, ,

Setelah sampai di sendang biru...nanti akan dikenakan biaya administrasi serta perizinan untuk ke pulau sempuh...kalau mau kena murah...bilang aja mau melakukan penelitian dan pintar-pintar nego juga..kyk saya kemarin,,anak 6 trus nginep 2 hari cuma bayar 20 ribu berkat teman saya yang jago nego.....hehehehe..n enaknya langsung dicariin kapal sama orang sana...biaaya per kapal cuma 100 ribu..klo kano belum sempat tanya...tapi klo mau tantangan...saya saranin nyebrangnya pake kano...seru...!!!

Di sendang birunya nanti ada banyak warung-warung makanan dekat kantor perizinannya..ada mushola dan toiletnya...lumayan bersih dan agak sedang..cukuplah buat mandi-mandi...

Kira-kira sudah istirahat 15 menit...waktunya berangkat menuju pulau sempuh. sebelum berangkat, kami sempat membeli ikan bandeng 4 ekor, 1 ekornya 5 ribu,lumayan buat nanti makan malam disana. Perjalanan dari sendang biru ke pulau sempuh memakan waktu sekitar 15 menit.

biasanya di perahu inilah waktu buat foto-foto dimulai...kenang2an jess.....hehehe






























setelah sampai di tepi pulau, kami harus berjalan lagi kira-kira 2 jam perjalanan, jalannya cukup jelas,tapi hati-hati kalau habis hujan,,jalannya becek kena ojek..loh... saya sarankan enaknya pake sepatu klo gak sandal gunung...jangan nekat pake sandal jepit ya..(teman saya nyeker gara2 pake sandal jepit...hahaha...salah sendiri bro..)klo gak mau dianggap orang kampung sana.
Tracknya gak terlalu berat, standarlah klo bagi anda yang sudah sering naik gunung.




















Dalam perjalanan, kami menemukan beberapa persimpangan,tepatnya pas sudah dekat dengan pantai panarakannya..kalau lurus menuju pantai, kalau kita belok naik ke atas,nanti akan tembus ke tanjung sebelah pantai panarakan. awalnya sih kami belum tahu jalur itu kemana,, jadi kemarin untuk sampai di tanjung sebelah, harus nerabas vertikal 180 ke atas..capek juga!! tapi seru..!!hehehe..

Dan akhirnya kita sampai juga di pantai segoroanakan...pemandangan yang bagus dan suasana sangat mendukung untuk refreshing sejenak dan berendam di dalam air. saking lamanya berendam di air, tubuh saya sampai ganti kulit semua,,tapi puas...!!!














Hari pertama disana, kami langsung berenang di pantai...jangan coba-coba minum airnya...asin soalnya...hehehee... kalau mau seru lagi..maen ke lubang batu tempat air masuk kepantai,,letaknya diantara batu karang. disana ombaknya lumayan deras,,tapi hati-hati,,banyak karang didasar pantai,,salah satu teman saya ada yang terluka kebentur batu karang..cukup dalam untuk sampai kesana,,kemarin saya menggunakan pelampung untuk sampai lubang itu..(gak bisa ngapung soalnya..hohoho).
di tepi-tepi pantai, banyak ikan-ikan kecil..saking gak ada kerjaan dan nambah pemasokan bahan makanan,,salah satu teman saya menangkap ikan kecil0kecil tersebut, dan hasilnya,, mengejutkan..dengan tangan mungilnya banyak menangkap ikan..kurang lebih 20 ikan dapat pake tangannya..tanpa bantuan alat,,cuma teknik nelayan aja...hahaha...

Hari berikutnya..kami mulai kekurangan air,, akhirnya kami memutuskan untuk mencari sumber air di tempat yang diberi tahu teman saya yang sudah pernah kesana..katanya tempatnya agak jauh,,dan agak sulit menemukannya...katanya hanya orang-orang sana yang tahu..tapi kita nekat...akhirnya kita mulai mencari mata air.

kami mulai menyebrang menuju tanjung sebelah dengan menerabas 180 ke atas,,harapannya dapat melihat lingkungan sekitar dan dapat liat jalur yang sebenarnya..akhirnya 30 menit kita sampai di tanjung sebelah...pemandangannya bagus..tapi di tepi pantainya,, ombaknya sangat besar..jadi jarang ada orang yang mendirikan tenda disana,,















Foto sebelah kiri..adalah tanjung disebelah pantai segoroanakkan. bagus kan..lumayan untuk foto-foto..setelah istirahat 10 menit..kami meneruskan kembali untuk mencari mata air,, perjalanan dari tanjung ini ke tanjung berikutnya gambar yang sebelah kanan cuma 15 menit..cukup dekat kok.. dan disini tempatnya cukup besar,, dan ombaknya juga deras..kalo tidak salah ada 4 pertemuan ombak deras..kami cukup menikmati pemandangan disana...dan gak lupa juga ...foto...hehehehe..

Disini kita sempat kedalam hutannya untuk mencari mata iar..disini yang kita dapat adalah batu karang besar. disana kami menemukan bekas orang menginap...ada sisa-sisa makanan serta ranting-ranting yang disusun sedemikian rupa mirip tempat untuk memasak.
KAmi masuk ke dalam lagi dan akhirnya menemukan sebuah kubangan air...airnya cukup bersih. sebagian dari kami beranggapan itulah mata airnya...tapi sebagian lagi masih ragu..akhirnya kami memutuskan untuk ke tanjung sebelahnya lagi,,sambil mengingat jalan menuju kubangan itu kalau seandainya kami tidak menemukan mata air tersebut.
dan hasilnya nihil, karena waktu dan fisik yang sudah lelah,akhirnya kami memutuskan mengambil air dari kubangan tersebut. lumayan daripada gak ada sama sekali,,dan airnya cukup bersih..ya mulai dari itu kami menganggap itulah sumber mata airnya..dan cukuplah untuk persedian satu hari lagi di sana...
setelah mengambil kira-kira 8 botol..kami kembali ke tenda..kali ini melewati jalur yang sebenarnya..nanti keluarnya di persimpangan yang sudah saya ceritakan diatas sebelumnya..
coba juga maen-maen ke bebatuan karang dibelakang...asik buat duduk-duduk dan foto-foto,,soalnya dibelakangnya adalah laut selatan. sempat ada penyu berenang disana sambil melambaikan tangannya ke arah kami(percaya?). lumayan gede...kok jadi cerita penyu..??


mungkin itu sekilas cerita ke pulau sempuh...pkknya ini tempat bisa dijadikan salah satu referensi tempat yang harus dikunjungi kalo teman-teman maen ke malang...percaya..gak bakal nyesel....oke...selamat bersenang-senang..

peace...and love.....!!

2 comments:

The Phenomenon Boy's Mechanical Engineering said...

narasinya lumayan sip lah...!!!!
tapi antara subyeknya kurang fokus orang pertama atau orang ketiga...!!!
oh ya boy...kok pantai panarakannya bukanya segoro anakan..memange sama ta???
kapan kita berpetualang lagi....???
Semeru, Rinjani, bunaken, dan kemaren da tawaran ke singapura sabtu minggu bebas paspor katane temenq...naek pesawat herkules lebih hemat,menantang, dan aerodinamis lebih bagus tapi resiko jatuh..lebih besar mentenence kurang bagus kayake...!!!!

Kribowz said...

wahahahaha...iyo mas....lali...segoroanakan...salah tulis..
suwun mas atas commentnya..

boleh juga tuh mas ke singapur...biayanya terjangkau buat kita2 gak...hehehehe

yasir master's Online